BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 18 Januari 2009

Elektronik Mail (E-mail)

A. Definisi dan fungsi E-mail
Surat elektronik atau dalam bahasa inggris “e-mail atau email” (juga posel atau pos elektronik dan imel) adalah sarana kirim mengirim suratmelalui jalur internet. Dengan surat biasa seseorang perlu membeli perangko sebagai biaya pengiriman, tetapi surat elektronik tidak perlu memakai biaya untuk mengirim. Biaya yang dikeluarkan hanyalah biaya untuk koneksi internet. Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan mainframe yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos diberbagai Negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.
Surat elektronis banyak digunakan karena alasan mudah dalam pengiriman dan cepat dalam penyampaiannya. Surat Elektronis tidak memerlukan kertas atau perangko. Pemakai cukup mengetik melalui keyboard dan dalam hitungan detik setelah dikirimkan, surat akan sampai ketujuan meskipun jarak pengirim dan penerima mencapai ribuan kilometer.
Sesuai dengan namanya E-mail dikirim secara elektronik. Hal ini menyebabkan E-mail yang kita kirim dapat dicopy dengan mudah sehingga kita dapat mengirimkan file-file yang berupa dokumen teks bahkan gambar yang dapat diterima oleh computer lain dengan jalur yang terhubung dengan internet.

B. E-Mail sebagai Alat Komunikasi
Elektronik mail merupakan salah satu sarana komunikasi yang cukup handal dengan waktu yang sangat cepat. Proses penyampaian surat elektronik mesin pengirim dan penerima tidak perlu berkomunikasi secara langsung. Terkadang kita mengalami kegagalan pengiriman E-mail, hal ini disebabkan oleh adanya kesalahan menulis alamat atau kemungkinan jaringan mengalami gangguan. Oleh sebab itu penulisan alamat e-mail harus benar-benar tepat.
Dalam dunia usaha internet e-mail merupakan salah satu fasilitas untuk berkomunikasi dengan orang lain, dengan E-mail ini orang dapat mengirim teks, file dan gambar. Komunikasi dapat dilakukan antarkota, antarprovinsi, antarpulau, dan antarnegara.

0 komentar: